Utama

Sabtu, 26 November 2016

Tingkatkan omset 10 kali lipat

Semua orang memiliki kemampuan menjual. Kadang kemampuan yang satu ini kurang diasah dan dilatih. Akhirnya, kemampuan luar biasa ini menjadi tidur. Begitu ada keinginan bangkit, tidak serta merta cepat dipanggil. Butuh waktu yang cukup, seperti orang bangun tidur tidak bisa langsung beraktivitas.
Meski dalam hal untuk meningkatkan penjualan kerap diharapkan pada hal gal yang rumit, padahal gambaran besarnya untuk meningkatkan penjualan sangat sederhana. Untuk sebuah bisnis pertumbuhan potensial bisa di tingkatkan mencapai 16 kali lipat, dengan syarat bisa mengoptimlakan empat area.
Kepemimpinan, konsumen, keuntungan dan frekuensi nya.
Ini bisa kita buat sederhana lagi, mendahulukan bagian yang paling mudah, paling cepat, dan paling mungkin Anda kerjakan segera. Apakah itu optimasi leads, customers, margin atau frequency.
Jadi, bagian mana yang akan Anda optimasi terlebih dahulu?
Sekali lagi, jika Anda bingung dari mana harus memulai, segera take action mulai dari hal-hal kecil.
Ingat dengan Pareto principle 80/20 rule "roughly 80% of the effects come from 20% of the causes". Artinya sedikit yang Anda lakukan untuk meningkatkan omset bisnis Anda akan berdampak besar pada bisnis Anda.
Kalau saya, terlebih dahulu akan memilih bagian yang tidak melibatkan pihak lain, artinya lebih mudah, lebih cepat, dan yang paling mungkin saya lakukan segera. Yaitu optimasi pada C (customers) - meningkatkan jumlah customers, dengan melakukan CRO (Conversion Rate Optimization).
Bagaimana dengan Anda? Anda sendiri yang tahu jawabannya.
Apakah mulai dari optimasi leads (meningkatkan jumlah leads) dengan cara mendatangkan traffic lebih banyak, atau bisa juga dengan CRO.
Optimasi customers agar pembeli produk Anda lebih banyak lagi, dengan cara mendatangkan traffic lebih banyak, atau bisa juga dengan CRO. Atau bisa juga dengan memperbagus produk Anda.
Optimasi margin (profit margin) dengan cara menaikkan harga produk Anda, sehingga profit Anda juga menjadi lebih besar, atau bisa juga dengan menambahkan funnel product; produk tambahan yang mendukung produk utama.
Ataukah optimasi frequency, seberapa sering visitor melihat penawaran kita, dan seberapa sering customer beli produk kita (repeat order). Karena rata-rata hanya 2% saja visitor akan beli produk kita pada kunjungan pertama kali. Oleh karena itu sangat penting sekali melakukan followup dengan email marketing dan retargeting.
Jika 4 area tersebut masing-masing naik 2 kali lipat, maka growth bisnis Anda menjadi: 2 L x 2 C x 2 M x 2 F = 16 GP. Yes, Anda tidak salah lihat... growth potential bisnis Anda menjadi 16 kali lipat.
Jika omset bisnis Anda sekarang 1M perbulan, sebenarnya growth potential bisnis Anda bisa mencapai 16 kali lipat (16 milyar). Seperti itulah ilustrasi growth potensial bisnis Anda. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar